RSS

Nih Daerah Asal Guee :D "Surabaya Kece"

Surabaya? siapa yang tidak mengenal kota Surabaya. Kota Surabaya adalah kota terpadat kedua setelah Jakarta. Aku disini sedikit bercerita tentang kota kelahiranku.Surabaya saat ini juga menjadi pusat bisnis, pendidikan, indutri, dan wisata. kalau kalian kesurabaya nampaknya harus lama. Karena di Surabaya banyak makanan khas, tempat-tempat bersejarah seperti tugu pahlawan, kebun binatang, kebun bibit yang wajib di kunjungi.

Surabaya memiliki luas sekitar 333,063 km² dengan penduduknya berjumlah 2.813.847 jiwa (2014). Daerah metropolitan Surabaya yaitu Gerbangkertosusila yang berpenduduk sekitar 10 juta jiwa, adalah metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jabodetabek. Surabaya dilayani oleh Bandar Udara Internasional Juanda, Pelabuhan Tanjung Perak, dan Pelabuhan Ujung
 
Oh ya, kota Surabaya terkenal dengan kota pahlawan karena sejarahnya sangat di perhitungkan dalam memperjuangkan kemerdekaan di Indonesia. Konon katanya surabaya mempunyai arti yaitu Sura (ikan suro) dan Baya (buaya) terjadi perkelahian antara mereka. Sehingga diberi nama Surabaya.

Aku cerita tempat-tempat yang sudah aku kunjungi aja ya.. Alias tempat wisata yang wajib dikunjungin kalo ke Surabaya.

1. Kebun Bibit



Kebun Bibit adalah salah satu rekreasi yang sekarang banyak dikunjungi oleh masyarakat. Ada 2 tempat kebun bibit, yang pertama terletak di wonorejo, yang kedua terletak di bratang. Kebun bibit yang dulu dengan sekarang sudah berbeda. Sekarang wahana atau permainan untuk anak-anak ditambah, seperti jungkat-jungkit, jembatan layang. Kebersihannya juga sangat terjaga. Ada binatang seperti rusa yang dijadikan pemandangan yang asyik untuk keluarga. Kebanyakan masyarakat banyak sekali yang menggelar tikar untuk piknik, karena pohon yang rindang dan tempat yang strategis dari padatnya penduduk. Terkadang juga, ada event di hall untuk lomba anak tk atau acara refreshing sekolah dan kegiatan pramuka.

 2. Hutan Mangrove





Memang kalau dilihat dari sisi tempat, mangrove kurang strategis, karena tempatnya sangat jauh dari keramaian, dan perjalan ke mangrove hawanya biasanya cukup terik. Tahap renovasi dan peresmian taman mangrove juga sudah selesai, ada pengawasan dan juga bisa untuk pembelajaran. Contoh bunga apa gitu, lalu ada bahasa latinnya. Taman Mangrove adalah sarana wisata juga, terlebih untuk anak muda. Karena tempatnya yang dipenuhi oleh pohon mangrove dan jalan yang beralaskan kayu diatas sungai yang masih mengalir.  Mangrove juga menjadi ajang untuk berbisnis, lebih tepatnya berbisnis dalam prewedding. Biasanya mereka mengambil tempat mangrove karena tempatnya yang indah dan rindang. Ada juga penyewaan kapal tapi untuk banyak orang, dan harga satu orangnya Rp. 25.000;


3. Monumen Kapal Selam (Monkasel)



Sebuah monumen Kapal Selam terbesar di kawasan Asia, yang dibangun di sisi sungai Kalimas, Surabaya. Monumen ini dibangun dengan ide para sesepuh Kapal Selam dari Angkatan Laut.
Konsep utama adalah:
  • Untuk membuat kawasan wisata baru di Jawa Timur
  • Sebagai warisan nilai sejarah yang mencerminkan Indonesia sebagai Negara Maritim
  • Untuk menjaga aman dan bertindak sebagai obyek konservasi
  • Sebagai kenangan yang didedikasikan untuk seorang pejuang pemberani yang berjuang gigih.
KRI Pasopati 410, termasuk tipe SS Whiskey Class, dibuat di Vladi Wostok Rusia pada tahun 1952. Kapal Selam ini berpartisipasi di Angkatan Laut sejak tanggal 29 Januari 1962, tugas utama adalah untuk menghancurkan garis musuh (anti-shipping), pengawasan dan melakukan penggerebekan secara diam-diam. KRI Pasopati 410 telah mengambil peran besar untuk mempertahankan hukum kelautan, seperti Operasi Trikora, KRI Pasopati 410 turun ke belakang garis musuh, memberi penindasan secara psikologis.
Fasilitas :
Monumen Kapal Selam KRI Pasopati 410 ini memiliki fasilitas pendukung seperti Video Rama, Musik Life, Kolam Renang untuk anak-anak dan Rekreasi Air di sungai Kalimas. Sebuah Stan suvenir dan area parkir. Di dalam kompleks juga berdiri panggung besar untuk acara tertentu. Video Rama menyajikan film sinematik dan dilengkapi sistem suara stereo akan membawa imajinasi anda menyatu dengan film mengenai Kapal Selam KRI Pasopati 410 disaat menjalankan tugasnya. Sisi Sungai Kalimas adalah tempat yang bagus dan romantis bagi pasangan muda-mudi, atau sarana pendidikan bagi keluarga.

 


4. Tugu Pahlawan 


Sebuah monumen yang menjadi markah tanah Kota Surabaya. Monumen ini setinggi 41,15 meter berbentuk lingga atau paku terbalik. Tubuh monumen berbentuk lengkungan-lengkungan (Canalures) sebanyak 10 lengkungan, dan terbagi atas 11 ruas. Tinggi, ruas, dan canalures mengandung makna tanggal 10, bulan 11, tahun 1945. Suatu tanggal bersejarah, bukan hanya bagi penduduk Kota Surabaya, tetapi juga bagi seluruh Rakyat Indonesia. Koordinat: 7,245808°LS 112,737785°BT
Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, dimana arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan Sekutu bersama Belanda yang hendak menjajah kembali Indonesia.
Monumen Tugu Pahlawan menjadi pusat perhatian setiap tanggal 10 November mengenang peristiwa pada tahun 1945 ketika banyak pahlawan yang gugur dalam perang kemerdekaan.

  • Museum
Di bawah tanah lahan Tugu Pahlawan sedalam 7 meter terdapat sebuah museum untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang berjuang di Surabaya, di museum ini juga terdapat foto-foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan. Museum ini diresmikan pada tanggal 19 Februari 2000 oleh Presiden K.H. Abdurrahman Wahid.

  •          Lansekap
Pada tahun 1991-1996 dilakukan pembenahan kawasan Tugu Pahlawan dan Museum Perjuangan 10 November Surabaya yang dipimpin oleh arsitek Ir. Sugeng Gunadi, MLA dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
                               
5. Kebun Binatang Surabaya (KBS)

Kebun Binatang Surabaya (KBS) adalah salah satu kebun binatang yang populer di Indonesia yang terletak di Jl. Setail No. 1 Surabaya. KBS merupakan kebun binatang yang pernah terlengkap se-Asia Tenggara, didalamnya terdapat lebih dari 351 spesies satwa yang berbeda yang terdiri lebih dari 2.806 binatang. Termasuk didalamnya satwa langka Indonesia maupun dunia terdiri dari Mamalia, Aves, Reptilia, dan Pisces.
Kebun Binatang Surabaya (KBS) pertama kali didirikan berdasar SK Gubernur Jenderal Belanda tanggal 31 Agustus 1916 No. 40, dengan nama Soerabaiasche Planten-en Dierentuin (Kebun Botani dan Binatang Surabaya) atas jasa seorang jurnalis bernama H.F.K. Kommer yang memiliki hobi mengumpulkan binatang. Dari segi finansial H.F.K Kommer mendapat bantuan dari beberapa orang yang mempunyai modal cukup.
Lokasi KBS yang pertama di Kaliondo, pada tahun 1916, kemudian pada tanggal 28 September 1917 pindah di jalan Groedo. Dan pada tahun 1920 pindah ke daerah Darmo untuk areal kebun binatang yang baru atas jasa Oost-Java Stoomtram Maatschapij atau Maskapai Kereta Api yang mengusahakan lokasi seluas 30.500 m2.Dalam perkembangannya KBS telah berubah fungsinya dari tahun ke tahun. Kebun Binatang Surabaya yang dahulu hanya sekedar untuk tempat penampungan satwa eksotis koleksi pribadi telah dikembangkan fungsinya menjadi sarana perlindungan dan pelestarian, pendidikan, penelitian, dan rekreasi. Binatang-binatang yang menjadi koleksi KBS dari tahun ke tahun jumlah dan jenisnya terus bertambah, baik berasal dari luar negeri maupun yang berasal dari dalam negeri.



Budaya "Jancuk" bagi Orang Surabaya: Satu Kata Berjuta Makna.



Istilah “Jancuk” bagi tradisi daerah lain di Jawa Timur tergolong sebagai kata-kata yang tidak pantas untuk diucapkan atau biasa disebut dengan “meso”. Daerah lain di luar Surabaya menganggap kata “Jancuk” sebagai pelanggaran terhadap nilai-nilai keagamaan sehingga dapat menimbulkan pebuatan dosa.
 

Budaya Surabaya justru sebaliknya, menganggap kata “Jancuk” sebagai kata yang mampu menghadirkan jutaan makna. Ketika seseorang sedang bergembira kata "Jancuk" juga tetap diucapkan contoh: "Jancuk nemu duwek rek lumayan iki" arti dalam bahasa Indonesia: "Jancuk saya menemukan uang, asyik..." ketika seseorang sedang marah kata "Jancuk" justru lebih terasa mantab untuk digunakan, contohnya: "Jancuk,.!!! Raimu gateli, awas kon yo" arti dalam bahasa Indonesia:"Jancuk..!!! kamu kurang ajar ya, tunggu pembalasanku", ketika seseorang bertemu teman baiknya, kata "Jancuk" juga tetap tidak boleh ketinggalan contohnya "Jancuk, nangdi ae kon.? gak tau ketok blas rek" arti dalam bahasa Indonesia:"Jancuk, kemana saja kamu? kita jarang ketemu ya."
Dari beberapa contoh di atas dapat kita lihat bahwa kata "Jancuk" dalam budaya orang Surabaya merupakan kata yang memiliki beragam fungsi dan kegunaan. kata "jancuk" tidak hanya menjadi kata umpatan tetapi lebih dari itu kata "Jancuk" sudah menjadi suatu bentuk identitas atau bisa dikatakan sebagai bahasa pergaulan bagi orang Surabaya. 

6 Kuliner Khas Surabaya Yang Wajib Kamu Coba



Mampir ke Kota Pahlawan berarti kamu harus menikmati berbagai macam kuliner khas Surabaya. Rasanya memang kurang afdol ya kalau hanya plesiran tanpa mencicipi kekayaan makanan lokal yang sudah popular. Sebenarnya, apa saja sih menu kuliner yang wajib dicoba di Surabaya? Pegipegi punya referensinya buat kamu travelers!

Tahu Campur




Buat pemburu kuliner, datang ke Surabaya rasanya tidak akan sempurna kalau tidak mencicipi tahu campur. Menu ini berisi perkedel, tahu goreng, taoge, singkong, selada air, mie kuning, kerupuk udang dengan kuah sop daging. Terkadang, kamu juga akan menemukan lentho, yaitu gorengan yang dibuat dari kacang hijau atau kacang merah, kikil, urat, dan tahu kuning. Kalau mau, kamu juga bisa minta tambahan lontong. Rasanya makin berasa karena ditambah dengan bumbu petis. Kamu juga tidak perlu bingung untuk menemukannya karena makanan ini banyak ditemui di restoran, warung kaki lima, bahkan dijual dengan gerobak dorong. Harganya sendiri berkisar antara Rp8.000 – Rp10.000 per porsi.

 Semanggi Surabaya

 
Semanggi Surabaya adalah salah satu makanan khas Surabaya yang unik karena jarang sekali ditemukan di daerah lain. Kenapa unik? Ini karena menunya mirip dengan pecel hanya saja didominasi oleh daun semanggi yang dikukus lalu dicampur dengan kangkung, kerupuk uli, dan kecambah. Mencari menu ini juga tidak sulit karena banyak dijual keliling yang disajikan dengan daun pisang (dipincuk) lalu disiram dengan bumbu kacang. Untuk menyantapnya saja unik lho travelers. Kamu tidak perlu sendok tapi menggunakan kerupuk. Harganya juga murah, satu porsi dibandrol Rp5.000.

Lontong Balap


Siapa sih yang tidak pernah mendengar lontong balap? Siapapun yang datang ke Surabaya pasti langsung hunting kuliner yang satu ini. Bahkan saking populernya sering dijadikan ikon kuliner kota Surabaya. Yang membuat beda dengan menu lontong dari daerah lain adalah karena isiannya begitu lengkap, misalnya ada lentho, tauge, dan tahu goreng. Tambahan sate kerang membuat rasa lontong balap makin meriah dan gurih. Harganya juga termasuk murah meriah. Kamu cukup merogoh kocek antara Rp7.000 – Rp8.000. Kalau sampai di Surabaya, jangan sampai tidak mencobanya ya, travelers.

Tahu Tek 

Kalau di Jakarta, menu ini mirip dengan ketoprak. Menu ini juga jadi sajian kuliner yang wajib kamu coba kalau lagi liburan ke Surabaya. Isiannya berupa lontong, telur, tahu goreng, kecambah, dan bumbu petis. Yang menarik dari makanan ini adalah bumbu petisnya sangat gurih. Ada juga rasa manis dan pedas sehingga sangat pas dipadukan dengan lontong yang punya tekstur padat. Umumnya harga satu porsi tahu tek adalah Rp8.000 – Rp10.000.


Rujak Cingur


Satu lagi menu kuliner yang wajib dicoba kalau kamu sedang ada di Surabaya adalah rujak cingur. Bahan-bahan yang dipakai umumnya berupa sayur dan buah-buahan, yaitu mangga, nanas, kedondong, kangkung, tempe, dan lontong. Namun yang membuat unik adalah rujak ini diberi cingur atau hidung kerbau. Tambahan bumbu campuran petis, kacang merah, gula merah, cabai dan udang membuat rujak cingur banyak diburu para pelancong. Satu porsi harganya memang bervariasi, mulai dari Rp7.000 – Rp15.000.

Sate Klopo


Sate klopo juga menjadi menu wajib yang harus kamu coba kalau sedang liburan ke Surabaya. Dalam menu ini, satenya dilumuri dengan bumbu kelapa yang diparut atau dalam bahasa Jawa disebut dengan klopo. Pelengkapnya bisa berupa lontong atau nasi dengan bumbu kacang lalu ditambah dengan serundeng. Biar tambah nikmat, kamu bisa menyantapnya dengan sate ayam, udang, lemak, otot, sumsum, usus, atau daging sapi. Harganya bervariasi, untuk 10 tusuk dihargai Rp15.000 – Rp19.000.


Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Surabaya

http://monkasel.com/
http://id.wikipedia.org/wiki/Tugu_Pahlawan
http://id.wikipedia.org/wiki/Kebun_Binatang_Surabaya
http://www.pegipegi.com/travel/6-kuliner-khas-surabaya-yang-wajib-kamu-coba/
http://zonainfosemua.blogspot.com/2011/08/budaya-jancuk-bagi-orang-surabaya-satu.html


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar